Senin, 20 November 2017

6 Jenis Hamster Cocok Di Ternakan

6 Jenis Hamster Cocok Untuk Diternakan


Berternak Hamster tidak mudah selain kita harus hati hati dalam pemilihan jenis hamster supaya tidak salah pilih

Langkah pertama adalah memilih hamster ini sangatlah penting, untuk para pemula yang ingin berternak hamster saya sarankan untuk memilih hamster. 

Beberapa saya rekomendasikan untuk hamster yang bias di budidayakan diambil dari beberapa sumber : 

1. Hamster Campbel. 

Karena harganya tergolong murah dan cara merawatnya pun mudah walau memang hamster Campbel sedikit galak. 

Tapi saya sarankan lagi, untuk memilih induk hamster yang baik pilihlah hamster betina yang lincah dan mempunyai nafsu makan yang baik serta memiliki postur yang sehat

Usianya sudah berumur 4-11 bulan karena kalau umurnya kurang dari 3 bulan di khawatirkan anak yang di hasilkan nantinya akan lemah 

Lalu pilihlah hamster jantan yang mempunyai bokong besar yang di buktikan bahwa hamster tersebut subur. 

Untuk hamster Campbel sudah boleh di kawinkan minimal berumur 3 bulan. Hamster Campbel mencapai masa suburnya setiap 3 hari sekali, 

Usahakan jika mau mengawini hamster jenis Campbel ketika usia hamster jantan lebih tua dari usia hamster betina. 

Dalam proses pengembang-biakan hamster Campbel, siapkan satu kotak untuk sepasang hamster . 

Kemudian masukkan terlebih dahulu hamster jantan sendirian selama 2-3 hari setelah itu baru masukkan hamster betina yang sudah matang untuk di kawini.

Proses selanjutnya kebiasaan hamster ini sebelum kawin adalah hamster jantan akan mengendus-endus hamster betina terutama alat kelaminnya, 

nah jika perjodohan sudah cukup lama maka secara nurani hamster jantan akan mengawini hamster betina tersebut.

Dilarang Perkawinan Sedarah 

Dan saya tegaskan dalam mengawini hamster harus dengan jenis yang sama tapi tidak boleh sedarah ya. 

Kenapa? Karena perkawinan sedarah dapat memicu kelainan genetika pada bayi yang dihasilkan. 

Contohnya seperti prematur, lahir cacat, dan lemahnya kondisi hamster dan itu bisa di liat di umur hamster pada saat 8 bulan.

Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika sobat dapat merawat dengan baik hamster soba yang sedang hamil dan melahirkan tetapi untuk lebih baiknya, hindari perkawinan sedarah. 

2.Hamster Syrian 

Hamster Syrian ini sudah matang untuk di kawinkan ketika dia berumur 2-3 bulan, lebih baik jangan di kawinkan sebelum berumur 3 bulan ke atas. 

hamster Syrian betina masa suburnya setiap 4 hari sekali dan biasanya hamster Syrian betina hanya mau di kawini pada malam hari sekitar pukul 20:00 - 05:00. 

Ciri-ciri hamster Syrian betina siap mau di kawini adalah dengan menggaruk-garuk punggungnya dan mengangkat ekornya ke atas dengan mata setengah tertutup. 

Anak yang di hasilkan dalam sekali kawin bisa mencapai 6-10 ekor, hal ini tergantung umur dan kualitas si jantan dan betina 

3.Hamster Winter White 

Hamster Winter White siap di kawinkan pada umur 4-5 bulan. Hamster Winter White ini tidak jauh beda dengan hamster Campbel. 

Masa suburnya sama setiap 3 hari sekali. Dalam proses pengembang-biakannya hamster winter white kurang lebih sama dengan hamster Campbel. 

4.Hamster Roborovski 

Hamster Roborovski siap di kawinkan pada umur 7-8 bulan. Akan tetapi jika sudah berumur 6 bulan kebanyakan sudah bisa untuk di kawinkan 

Karna sebenarnya hamster Roborovski ini untuk usia kematangan seksualnya pada umur 5-6 minggu 

tapi untuk untuk baru bisa di kembang biakannya pada umur 6-7 bulan agar pada usia tersebut sang hamster betina akan sepenuhnya matang

sang ibu cukup kuat untuk menghasilkan anak dan merawat anaknya dan akan menjadi steril setelah 2 tahun. 

Masa subur hamster betina Roborovski ini setiap 4 hari sekali dan akan tetap subur dalam jangka waktu 12 jam dimana perkawinan dapat terjadi 

Dalam arti ini adalah sebuah tantangan untuk hamster jantan mengawini hamster betina dalam masa subur 

karna dengan hamster jantan berhasil mendapatkannya sudah dapat di pastikan bahwa hamster betina akan hamil. Kalau untuk hamster jantan akan selalu subur sepanjang hidupnya. 

Banyak peternak hamster Roborovski mengatakan bahwa hamster betina Roborovski tidak akan berkembang biak dengan sukses sampai musim semi berikutnya. 

Hal ini dapat di pastikan bahwa hamster Roborovski memiliki musim kawin yaitu musim semi atau musim panas yang dimana berhubungan dengan peningkatan panjang hari atau suhu. 

Pencahayaan dan pemanasan buatan dapat merubah musim kawin hamster ini dan mungkin bisa membentang sepanjang tahun. 

Akan tetapi mereka bisa membatasi untuk terus memproduksi sel telur karna harus memelihara anaknya secara terus menerus. 

Dan ingat, untuk mengawini hamster jenis ini usahakan hamster jantan lebih besar dari hamster betina. 

Hamster betina Roborovski dapat menghasilkan sel telur setiap 4 minggu atau lebih dan hanya dapat menghasilkan 3-5 ekor anak saja dalam sekali kawin. 

5.Hamster Hybrid 

Berhubung hamster Hybrid adalah hasil persilangan yang sangat di tentang oleh dunia maka sudah tentu hamster ini tidak boleh di kembang biakan. 

Dan sudah tentu hamster Hybrid ini sudah jarang dapat kita jumpai karena sebenarnya sangat di tentang untuk memelihara hamster ini dengan alasan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya dalam artikel sebelumnya. 

6.Hamster Cina 

Hamster Cina siap di kawinkan pada umur 3-4 bulan akan tetapi sama seperti yang saya jelaskan sebelumnya lebih baik di kawinkan pada umur 4 bulan. 


Cara pengembang-biakannya sama seperti hamster Campbel dan Winter White. 

Related Posts

6 Jenis Hamster Cocok Di Ternakan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.